Translate

Sabtu, 31 Oktober 2015

R.I.P PAK RADEN ( Drs.Suyadi )

0






Berita duka. Tokoh di balik film boneka Si Unyil, Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan nama Pak Raden, telah wafat.
"Iya benar, Pak Raden meninggal dunia jam 22.20 WIB di rumah sakit Pelni Petamburan," kata cucu Pak Raden, Ilona dalam wawancara per telepon dengan Kompas.com di Jakarta, Jumat malam.Pak Raden meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015), pukul 22.20 WIB.Kabar Duka, Pak Raden ‘Si Unyil’ Meninggal Dunia
Seniman wayang, Suyadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden membawa karya lukisan saat akan bertemu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013). Pak Raden menawarkan lukisan karyanya dengan judul Perang Kembang kepada Jokowi dengan harga Rp 60 juta yang rencananya hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk menerbitkan buku tentang wayang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, kondisi kesehatan Pak Raden sempat menurun drastis sejak Jumat siang. Pria yang dikenal dengan blangkon dan kumis lebatnya itu mengalami infeksi pada paru kanan.
"Tadi siang masuk ke ICU (intensive care unit), dia ada infeksi berat di paru kanan, dia juga demam tinggi. Waktu itu ibuku nemenin," ujar Ilona.Namun, Ilona mengaku kurang mengetahui pasti riwayat kesehatan Pak Raden.Aslinya aku enggak paham apakah penyakit parunya sudah menahun. Kan kondisi beliau juga sudah lemah, berjalan pun dibantu, dan perlu pakai kursi roda," ujar Ilona
Hingga malam ini, jenazah Pak Raden masih disemayamkan di Rumah Sakit Pelni. "Masih di rumah sakit Pelni, keluarga baru meluncur ke sana," katanya.Sosok yang diidentikkan sebagai karakter antagonis dalam serial sandiwara boneka Si Unyil ini menghembuskan nafas terakhir di RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan, malam ini.
Suyadi meninggal di usia 83 tahun. Di usia senjanya, dia banyak menghabiskan waktu di rumah. Terlebih pria yang memilih hidup membujang ini sakit-sakitan sehingga harus tergantung pada kursi roda untuk mobilitas.
Kondisi ekonominya yang morat-marit ditambah fisiknya yang sering sakit-sakitan, Suyadi sempat menawarkan lukisannya ke Joko Widodo yang kala itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.
“Kalau lukisan ini laku, saya gunakan untuk berobat kaki saya," kataPak Raden di Balaikota Jakarta, Jumat (13/9/2013).Masyarakat mengenal Pak Raden sebagai tokoh antagonis dalam serial boneka Si Unyil. Sosoknya selalu lekat dengan suara berat yang khas, kumis tebal, dan berkostum beskap Jawa.
Meski serial Si Unyil telah tamat, Pak Raden tetap melegenda hingga sekarang. Khususnya bagi mereka yang pernah menikmati serial Si Unyil yang rutin ditayangkan tiap Minggu pagi.Padahal, keseharian pria jebolan Seni Rupa ITB ini tak sekadar mengisi suara tokoh Pak Raden. Dia juga jago gambar. Bahkan mantan staf pengajar Seni Rupa ITB ini sempat merilis buku yang berisi coretan sketsanya saat menempuh pendidikan di Paris, Prancis.
Sayang, pada hari tuanya, Pak Raden harus berjuang mengatasi kondisi ekonominya. Dia sempat memperjuangkan hak cipta Si Unyil yang dikuasai PFN (Pusat Film Negara). Perjuangannya mentok.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com